Rabu, 10 Oktober 2012

lampu led

Pasang Lampu Led Di honda Blade

OTOMOTIFNET - Masih ingat dengan Audi R8 Spyder besutan tokoh utama Tony Stark alias Iron Man di film Iron Man 2? Nah pada salah satu adegan, Mr. Stark memarkirkan mobilnya di lobi dengan angle kamera yang fokus di headlamp berhiaskan LED.

Lalu? Nah adegan itu yang mengispirasi Trisuga dari 3Elektrik. “Dari nonton film itu, gue coba aplikasi lampu LED di headlamp Honda Blade layaknya Audi R8 Spyder,” ujar pria lulusan teknik elektro ini.


Masih menurut Tri, pemasangan LED sebenarnya bukan mainan baru. Masalahnya, penambahan lampu itu kerap dicap norak! Padahal tidak kalau penempatannya pas sesuai desain headlamp, ya seperti di Audi R8 itu,” jelasnya.


Dan yang pasti, pemasangan lampu LED gak mahal kok! Buat yang mau ikutan bikin headlamp Blade tampil modis dengan lampu LED, silakan menebus 10 buah lampu LED 3 Volt, dua buah resistor 460 Ohm, kabel secukupnya dan papan circuit (PCB).


Total harga semua part di atas gak sampai Rp 30 ribu. Tapi tergantung banyaknya lampu LED yang mau dipakai. Kalau banderol di atas itu memakai 10 buah LED. Kalau mau lebih banyak, silakan tambah budget Rp 1.500/lampu LED.


Mau tahu cara pasangnya? Gampang! Pertama potong papan PCB ukuran 1 x 5 cm sebanyak dua buah. Ingat, ukuran segitu hanya untuk 5 lampu LED/PCB (gbr.1). Kalau mau adopsi lampu lebih banyak, papan PCB harus lebih panjang.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Kalau sudah dipotong, lanjut memasang lampu LED di papan PCB. 1 PCB yang sudah dipotong buat 5 LED. Lanjut menyolder kaki-kaki lampu LED secara pararel (gbr.2). Menyambungnya kudu antara kaki yang positif ke kaki negatif.

Untuk mengetahui perbedaan mana kaki yang positif dan negatif, lihat kaki komponen. “Kaki yang lebih pendek itu positif, sedang yang panjang adalah negatif. Jangan sampai ketuker ya!” wantinya.

Selesai disolder, langsung pasang resistor di kaki LED negatif pada akhir rangkaian (gbr.3). Dari sini tinggal sambung kabel di kedua kaki pada akhir rangkaian. Satu pada kabel positif sedang yang satu di kaki negatif yang ber-resistor.

Sudah? Tinggal atur posisi pemasangan rangkaian itu pada bagian dalam reflector lampu sein (gbr.4). Supaya rangkaian gak gampang lepas, eratkan dengan memakai double tape di bagian kaki komponen.

Dari sini, tinggal hubungkan kabel dari rangkaian lampu LED ke kabel lampu senja Honda Blade. Kabel positif dari lampu LED ke kabel berwarna cokelat. Sedang kabel negatif lampu LED ke kabel warna hijau muda lampu senja.

Selesai? Tinggal tes deh! Pakemnya, begitu lampu senja diaktifkan, maka LED bakal ikut menyala. Begitupun saat lampu utama dihidupkan. Gimana? Mirip headlamp pada besutannya Tony Stark, kan? Hehe...

Sumber

call 081912798025 / Ciamis

Daftar Belanjaan

Lampu LED 3 Volt (10 buah) : Rp 15.000

Resistor 460 Ohm (2 buah) : rp 1.000

Papan PCB: Rp 5.000

Kabel 1 meter: Rp 2.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar